Home / Pembinaan Teritorial / TMMD Tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kepada Siswa SMP

TMMD Tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kepada Siswa SMP

Korem 051/wkt, Depok – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 tahun 2021 Kodim 0508/Depok bersama. Dinas Kesehatan Kota DepokĀ  menggelar Sosialisasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kepada siswa SMP Negeri 5 Depok, Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan, Jumat (01/10/21)

dr.Hidayat, selaku Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan (Kasi Kesling) Dinas Kesehatan Kota Depok dalam materinya menyampaikan, STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.

Pilar STBM ditujukan untuk memutus mata rantai penularan penyakit dan keracunan. Adapun 5 Pilar STBM yang dimaksud yaitu stop buang air sembarangan, cuci tangan pakai sabun, jangan buang sampah dan limbah sembarangan dan pengelolaan makanan yang aman.”Kita kenalkan sejak dini masalah sanitasi kepada siswa. Dengan ditanamkannya sejak dini diharapkan kedepannya mereka tidak lupa,” kata Hidayat.

Dikatakan, perilaku siswa selama ini harus dikoreksi sedikit demi sedikit dengan menerapkan perilaku pola hidup bersih dan sehat di sekolah.”Ada delapan pola hidup bersih dan sehat diantaranya olahraga, timbang badan, tidak merokok, cuci tangan dan tidak sembarangan buang air besar. Diharapkan anak-anak dapat mempraktekkanya di sekolah sehingga tercipta siswa dan sekolah yang sehat,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 10, Sumarno mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Dinas Kesehatan yang telah membeeikan wawasan dan pengetahuan tentang sanitasi dan pola hidup bersih dan sehat.”Semoga apa yanh didapat siswa dapat diterapkan di sekolah dan dirumah,”harapnya.

Check Also

Satgas TMMD Kodim Depok Perbaiki Rumah Pak Dadang

Korem 051/Wkt – Depok. Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 mulai digelar, Kamis (16/9/2021). …