Home / Pembinaan Satuan / Danrem 051/Wkt Membuka Latihan Posko I Kodim 0508/Depok

Danrem 051/Wkt Membuka Latihan Posko I Kodim 0508/Depok

Kodam Jaya, Depok – Danrem 051/Wkt Brigadir Jenderal TNI R.Sidharta Wisnu Graha, S.E., membuka langsung Latihan Posko I Kodim 0508/Depok dengan tema ” Kodim 0508/Depok Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Membantu Mengatasi Konflik Sosial di Wilayah ” yang di gelar di aula Makodim 0508/Depok Jln. Pramuka No.2, Mampang, Pancoran Mas, Depok. Senin (15/6/2020).

Dalam amanat tertulisnya Danrem 051/Wkt menyampaikan, bahwa Latihan Posko I merupakan salah satu kegiatan latihan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam proses melaksanakan prosedur pengambilan keputusan, sehingga tugas pokok dapat dilaksanakan secara optimal. Kegiatan ini mengikuti standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Kita menyadari bahwa satuan jajaran Korem 051/Wkt selalu dihadapkan pada berbagai penugasan dalam intensitas cukup tinggi, khususnya terkait pengamanan wilayah dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan.

Namun demikian, hal tersebut tidak mengurangi perhatian satuan jajaran Korem 051/Wkt terutama Komando Kewilayahan, untuk tetap melaksanakan latihan sesuai Program Kerja yang sudah ditetapkan.

Kodim 0508/Depok selaku satuan komando kewilayahan, dituntut memiliki kesiapan dan kemampuan yang handal, selalu tanggap mengatasi perkembangan situasi
yang terjadi termasuk dalam hal penanganan kerusuhan massa serta dampaknya yang ditimbulkan guna menjamin terwujudnya kota Depok yang aman dan kondusif. ” jelas Danrem.

Lebih lanjut kata Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, peran Kodim 0508/Depok dalam membantu mengatasi permasalahan di wilayah dalam rangka mendukung Polri dan Pemkot Depok, saya nilai cukup berhasil. Setiap potensi gangguan dan ancaman terkait geografis, demografis serta kondisi sosial, telah dapat direspon dengan cepat dan cermat. Di dalam kondisi situasi merebaknya pandemi virus Corona sekarang ini, sebagai aparat kewilayahan harus terus memonitor perkembangan maupun dinamika situasi di wilayah dengan melaporkan secara cepat, tepat dan benar terhadap hal-hal yang menonjol sehingga dapat diambil langkah-langkah yang tepat bila terjadi gejolak guna meredam gejolak sosial apabila pandemi Covid-19 di Indonesia semakin memburuk.

Pandemi Covid-19, bukan semata-mata hanya sekadar masalah kesehatan melainkan juga menyangkut masalah sosial, politik, dan ekonomi. Ketika permasalahan ekonomi menyentuh masyarakat akar rumput, maka hal itu berkaitan erat dengan masalah perut atau kebutuhan pokok. Apabila hal tersebut dibiarkan, maka bisa mengundang masalah keamanan yang lebih besar.

Konflik terbuka antar kelompok masyarakat dikhawatirkan akan bertindak anarkhis dengan melakukan pembakaran, perusakan fasum serta melakukan provokasi untuk melumpuhkan aktifitas pemerintah.

Sebelum saya akhiri amanat ini pada kesempatan ini pula saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya kepada tim penasehat serta pengawas yang ditunjuk dari Komando atas, saya mohon bantuan arahan agar pelaksanaan latihan posko ini dapat berjalan lancar. ” Pungkas Alumni Akmil 1991 mengakhiri amanatnya dalam pembukaan Latihan Posko I Kodim 0508/Depok. Sumber : Penrem 051/Wkt.

Check Also

Tim Kesehatan Korem 051/Wkt Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan

Korem Timur,Cikarang – Dalam rangka mencegah virus Corona (Covid -19) Kesehatan Korem 051/Wkt melakukan penyemprotan …